MUST HAVE ITEMS FOR MINIMALIST HOME


12 Mar 2019

 

By: Elsa R. Putri

 

 

 

Source: Instagram @ka.n.va

 

Gaya rumah minimalis menjadi tren terutama di kota metropolitan karena memiliki desain yang simple dan tidak terlalu sulit dalam pemilihan furniture serta pernak-perniknya. Gaya bangunan atau exterior rumah minimalis biasanya memiliki bentuk geometris baik persegi panjang atau kubus dengan atap yang datar. Furniture pada rumah minimalis biasanya simple, misalnya menggunakan rak dinding dibandingkan rak pada umumnya untuk memaksimalkan ruang.

Selain gaya bangunan, ciri khas lain dari rumah minimalis adalah pemilihan warna interior dan eksterior rumah. Rumah minimalis biasanya identik dengan warna-warna natural/ earthy tone seperti putih, coklat, abu-abu dan hitam. Jika takut bosan dengan warna tersebut, warna lain juga dapat digunakan sebagai aksen pada ruangan. Misalnya memberikan sedikit sentuhan warna lembut seperti soft pink, soft blue, dan turquoise pada pemilihan warna pintu, jendela hingga furniture untuk memberikan aksen pada ruangan.

Source: Goodmind.id

 

Untuk membuat rumah memiliki kesan homey, kamu harus pandai dalam memilih furniture dan aksesoris rumah agar tetap memiliki kesan simple dan luas. Kamu dapat menambahkan rak, wall frame, carpets, sofa, cushion dan tanaman di sudut ruangan tertentu seperti ruang tamu dan ruang makan.

Berikut tips furniture & aksesoris yang dapat mempercantik rumah minimalis kamu:

 

1. Rak Dinding

 

Source: Dekoruma.net

 

Source: Rumahminimalismedia.com

 

 

 

Source: Pinterest

 

Rak adalah salah satu aksesoris rumah yang penting. Rak dapat dijadikan wadah untuk meletakkan frame, mini plants hingga buku. Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu dapat menggunakan wall rack atau rak dinding sebagai alternatif. Selain sebagai pemanfaatan lahan, wall rack ini juga dapat mempercantik rumah kamu, lho. Rak ini dapat diletakkan di ruang keluarga, kamar tidur hingga dapur 

 

2. Wall Frame

Source: Pinterest

 

Source: Rooang.com

 

Wall frame merupakan salah satu aksesoris rumah yang biasanya terdapat dalam hunian bergaya minimalis. Wall frame dapat memberikan statement pada ruangan dan dapat menjadi pusat perhatian dari rumah itu sendiri. Kini wall frame tidak melulu berupa lukisan maupun foto, dapat juga berupa frame polos yang dimodifikasi sebagai typografi frame. Typografi frame ini biasanya berisi quotes Selain typografi, frame juga dapat diisi dengan tanaman/ dried flower.

 

 

Source: Instagram @ka.n.va

Wall frame ini dapat digunakan sebagai pemanis ruangan di rumah minimalis kamu, biasanya sebagai hiasan dinding maupun disandarkan di meja sebagai aksen ruangan favorite kamu.

 

 

Source: Instagram @ka.n.va

 

3. Plants

 

Source: Pinterest

 

Source: IDN Times

 

Tanaman biasanya banyak terdapat pada hunian bergaya tropis dan tradisional, namun kamu juga dapat menambahkan tanaman untuk rumah minimalis kamu agar terasa lebih asri. Hunian berkonsep tropis biasanya menggunakan tanaman besar dan rimbun, sedangkan untuk hunian bergaya minimalis, kamu harus memperhatikan pemilihan dan tempat letak tanaman agar ruangan kamu tetap terasa luas.

Untuk hunian minimalis, kamu dapat meletakkan tanaman di sudut ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan hingga kamar mandi untuk membuat ruangan menjadi asri. Selain itu, pilihlah tanaman yang tidak terlalu sulit perawatannya dan tidak memerlukan banyak lahan. Tanaman monstera, heartleaf Philodendron hingga tanaman palem hias dapat menjadi pilihan tanaman yang membuat hunian kamu asri.

 

4. Sofa

Source: Pinterest

 

Source: ruangtamu.net

 

Sofa merupakan salah satu aksesoris penting dalam rumah dan sebagai ciri khas yang dapat membedakan gaya hunian kamu dari yang lain. Terutama untuk hunian bergaya minimalis, kamu dapat memilih sofa yang kecil dan sesuaikan dengan luas ruangan yang kamu miliki. Biasanya rumah minimalis didominasi warna monochrome, namun jika kamu tidak ingin terlalu monoton, kamu dapat memilih warna-warna yang mendekati seperti navy atau light grey.

Dan jika menginginkan hunian dengan sentuhan warna, kamu dapat memilih sofa berwarna pastel seperti soft pink maupun turquoise. Kamu juga dapat memadukan sofa polos kamu dengan cushion yang berwarna dan bermotif sesuai dengan keinginan kamu.

 

5. Decorative Cushion

Source: Instagram @Juliahengel

 

Source: Instagram @Juliahengel

 

Tidak lengkap rasanya jika memiliki sofa tanpa cushion. Sofa yang polos sangat cocok untuk dipadankan dengan cushion berwarna dan bermotif untuk menghidupkan ruangan. Berfungsi sebagai pelengkap sofa, cushion semakin memiliki motif dan warna beragam yang dapat membuat sofa polos menjadi cantik.

 

 

 Source: : Instagram @ka.n.va

 

Rumah minimalis yang monokrom, dapat juga diberikan aksen sedikit warna agar lebih hidup. Misalnya memilih warna pastel yang lembut sebagai warna cushion untuk melengkapi sofa yang polos untuk menambah kesan homey.

 

6. Rug

 

Source: Pinterest

 

 

Source: Pinterest

 

  

Source: Pinterest

 

Karpet biasanya digunakan sebagai aksen pada ruangan agar menimbulkan kesan hangat dan homey. Pemilihan warna, motif ataupun teksture karpet dapat disesuaikan dengan warna sofa atau cushion kamu. Jika sofa berwarna polos, kamu dapat memilih karpet dengan sedikit pattern dengan warna senada. Pilihlah warna yang senada dengan sofa maupun cushion kamu. Hindari warna yang terlalu kontras dan motif pattern yang terlalu ramai agar tidak menimbulkan kesan yang terlalu penuh.

Pemilihan karpet dapat disesuaikan dengan luas ruangan dan kebutuhan. Ukuran karpet pun tidak harus besar, karpet kecil pun dapat menjadi aksen yang cantik pada ruangan.

 

 

 

 

Source: Instagram @ka.n.va

 

Nah, diatas merupakan beberapa ide aksesoris untuk menghias rumah minimalis kamu, semoga tips diatas dapat menginspirasi kamu dalam menciptakan hunian yang cantik dan homey ya! #TeamKanva