Ways to earn

Signup
1.000 Points
Place an order
1 Point for every Rp100 spent
Celebrate a birthday
1.500 Points
Join now
Already have an account? Sign in
Whatsapp
Chat Us Whatsapp

By: Elsa R. Putri

 

Photo source: galmeetsglam.com

 

Hari raya Idul Fitri merupakan momen spesial bagi umat Islam. Pada momen ini biasanya keluarga dan kerabat saling berkunjung dan bersilaturahmi di rumah. Untuk menyambut keluarga dan kerabat, banyak orang yang sudah mempersiapkan rumahnya agar terasa nyaman saat tamu datang untuk bersilaturahmi. Mulai dari membersihkan dan menata ulang sudut rumah, hingga membeli furniture dan pernak-pernik baru demi menyambut hari raya.

 

Mempersiapkan rumah untuk hari raya, tidak harus selalu mengeluarkan biaya. Memanfaatkan dan menata ulang furniture yang ada bisa menjadi salah satu caranya. Kanva memiliki beberapa tips untuk mempercantik rumah menjelang hari raya ini tanpa mengeluarkan biaya yang banyak, simak ya!

 

1. Percantik Ruang Tamu

 

Photo source: hustopia.com

 

Pada hari raya, biasanya ruang tamu menjadi ruangan utama yang akan digunakan untuk menyambut keluarga, kerabat hingga tetangga yang bersilaturahmi. Untuk itu, sebisa mungkin ruang tamu harus dibuat nyaman dan bersih saat hari raya agar tamu yang bersilaturahmi merasa nyaman dan feel welcomed di rumah kamu. Hal yang paling mudah adalah kamu dapat mulai dengan membersihkan atau mengganti kain sofa dan juga cushion cover. Gunakan warna yang senada dengan warna dinding ruang tamu atau pernah pernik rumah lainnya.

 

Photo source: hdeco.net

 \

Kalau kamu memiliki budget lebih, kamu dapat mengganti curtain kamu senada dengan warna sofa atau gunakan warna netral seperti creme, light grey dan brown. Jangan lupa juga untuk membrsihkan debu pada lukisan maupun hiasan dinding lainnya yang terdapat di ruang tamu. Kamu juga dapat menambahkan tanaman hias di sudut ruangan agar terlihat segar. Namun, usahakan jangan memilih tanaman yang terlalu besar dan memakan banyak ruang. Misalnya kamu dapat memilih tanaman monstera atau aglaonema. Kombinasi dua hingga tiga warna pada tanaman aglaonema bisa  mempercantik dan memberikan kesan fresh pada ruangan.

 

Selain sofa, meja ruang tamu juga harus kamu perlu perhatikan. Usahakan tidak menambahkan hiasan apapun pada meja karena pada hari raya, biasanya meja akan padat dengan makanan dan minuman yang dihidangkan untuk para tamu. Sebagai pengganti hiasan, kamu dapat menggunakan aneka toples yang unik dan menarik. Dan usahakan untuk menatanya dengan baik agar terkesan rapi.

 

2. Dekor Ruang Keluarga

 

Photo source: sugarandcloth.com

 

Ruang keluarga menjadi ruangan kedua yang harus diperhatikan setelah ruang tamu. Walaupun biasanya ruang keluarga digunakan untuk kerabat terdekat saja, kamu harus tetap memperhatikan kebersihan dan kenyamanan ruangan ini. Sama seperti ruang tamu, kamu juga harus membersihkan sofa atau mengganti kain sofa ruang keluarga. Kemudian jika di ruang keluarga terdapat karpet, kamu dapat mengganti atau mencucinya untuk memberikan suasana baru di hari raya. Karena pada hari raya, biasanya keluarga dekat akan lebih nyaman duduk melantai.

 

Jika kamu ingin menambahkan aksen tropis pada ruangan, kamu dapat menambahkan tanaman hias agar ruangan terasa segar. Tidak perlu tanaman yang terlalu besar karena khawatir akan membuat ruangan terkesan penuh dan sempit. Kamu dapat menggunakan tanaman dan vas kecil untuk diletakkan di meja televisi sebagai aksen dan tanaman ukuran sedang dapat kamu letakkan di sudut ruangan saja.

 

3. Menata Ruang dan Alat Makan

 

Photo source: www.elcorteingles.es

  

Ruangan yang satu ini tidak ada salahnya kalau masuk dalam daftar ruangan yang dipersiapkan untuk hari raya. Pada momen hari raya, biasanya keluarga dan kerabat dekat akan menghabiskan waktu yang lama di rumah kamu. Tidak jarang juga sampai waktu makan siang tiba. Sehingga kamu dapat mempersiapkan hidangan jika saat hari raya kamu open house untuk bersilaturahmi.

 

Kamu dapat mempercantik ruang makan dan menatanya dengan baik. Siapkan semua peralatan makan di meja kemudian tata hidangan makanan yang sudah kamu siapkan untuk menyambut tamu. Untuk memberikan kesan segar, kamu dapat meletakkan bunga segar diatas meja makan kamu.

 

4. Percantik Toilet

 

Photo source: laurenconrad.com

  

Pada momen seperti ini, toilet juga biasanya banyak digunakan oleh para tamu karena banyak keluarga dan kerabat yang berkunjung dalam waktu yang cukup lama. Kebersihan toilet sudah menjadi hal yang wajib kamu perhatikan.  Kamu dapat mempercantik toilet dan membuatnya berbeda dari biasanya. Misalnya dengan memberikan sentuhan tropical dengan menambahkan tanaman hias di dalam toilet. Usahakan menggunakan vas atau botol kaca yang kecil saja untuk meletakkan tanaman tersebut agar toilet tidak terkesan sempit karena tanaman yang terlalu besar.

 

 

Photo source: industrialdecorspaces.com

 

 Untuk jenis tanaman, kamu dapat memilih tanaman rambat dan meletakannya dekat wastafel maupun menggunakan wall rack. Jika kamu menggunakan wall rack, kamu dapat meletakkan mini frame di sebelah tanaman tersebut sebagai hiasan.Untuk lantai toilet, kamu dapat menggunakan tropical mini rug untuk menambah kesan segar pada toilet. Jika dinding toilet sudah kusam dan kamu memiliki budget lebih, kamu dapat mengganti warna dinding tersebut dengan yang baru dan usahakan untuk memilih warna-warna terang dan netral seperti putih dan abu- abu muda.

  

5. Menambahkan Aromatherapy

 

Photo source: hdeco.net

  

Siapa sih yang tidak suka aromatherapy? Dengan menambahkan aromatherapy, ruangan yang kamu gunakan untuk menyambut tamu akan menjadi semakin nyaman dan relax. Kamu dapat menambahkan aromatherapy di ruang tamu dan ruang keluarga untuk memberikan wangi segar pada ruangan. Selain itu, aromatherapy juga dapat menunjang kehangatan dan keakraban saat sedang bersilaturahmi di ruang tamu dan ruang keluarga. Aroma kayu manis, rosemary dan geranium dapat menghadirkan kesan hangat pada ruangan tersebut.

 

 Nah, beberapa tips diatas dapat kamu aplikasikan di rumah kamu untuk menyambut keluarga dan kerabat pada Ramadhan kali ini. Jika ada tips lain yang biasanya kamu gunakan dan tidak membutuhkan biaya yang banyak, kamu dapat memberikan komentar kamu di bawah ya! Semoga tips diatas dapat berguna dan membantu kamu untuk memulai mempercantik rumah. Sampai bertemu di artikel selanjutnya! #Teamkanva