Beginner's Guide to Choosing and Caring for Plants


15 May 2018

 

 

Helloooo, we are back again with (hopefully) a super useful article for you to read. Dari awal start blog ini, #teamkanva commit untuk post article once every two weeks. Tapi terkadang apalah daya, kita berencana tetapi kendala dan halangan kadang tidak bisa dihindari. But finally it is HERE (throw a confetti), our second article. Can you guess what is it about? Yes, PLANTS, because we are obsessed with them, so we manage to have an interview with Patricia Aristo, the owner of Shop with Sky (@shopwithsky) yang memberikan saran tentang jenis jenis tanaman yang mudah dirawat dan bagaimana cara merawatnya.

 

Kami yakin banyak orang di luar sana yang sangat ingin untuk mengadopsi tanaman tapi takut untuk tidak bisa merawatnya. Atau mungkin sudah pernah mengadopsi tanaman tetapi at the end tanamannya mati. Yes, WE FEEL YOU!. Maka dari itu, article in bertujuan untuk memberikan tips untuk merawat tanaman dan juga jenis tanaman apa saja yang most likely mudah untuk dirawat. So, you do not to be afraid for having plant(s) in your space.

 

 Menurut Patricia, berikut jenis jenis tanaman yang mudah untuk dirawat. Mudah dirawat karena kuat dalam indoor dan tidak perlu sering disiram. In case you are too busy to watering them!

 

 1. Philodendron

Ini adalah salah satu jenis tanamanan yg tidak hanya cantik tetapi juga mudah untuk dirawat. Bentuk daunnya yang unik bisa dengan mudah membuat ruangan menjadi effortlessly stylish and fresh. Tanaman ini termasuk mudah dirawat karena it can survive booth indoor and outdoor. We personally totally fall in love with the shape of the leaf

 

 

2. Anthurium

Daya tarik utama dari Anthurium adalah bentuk daunnya yang cantik, unik dan bervariasi. This plant can tolerate all levels of indirect light dan dengan bentuk daunnya yang lebar dan juga unik, Anthurium memiliki daya tarik tersendiri. Tanaman ini juga bisamenjadi media relaksasi karena bentuknya yang enak dipandang mata

 

 

 

3. Syngonium

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman ini. Bentuk daunnya mirip dengan kepala anak panah dengan beragam corak. Tanaman ini sudah sangat umum untuk masuk dalam kategori houseplant karena perawatan yang mudah dan tidak hanya itu, ternyata konon tanaman Syngonium juga bermanfaat untuk kesehatan.

 

 

In general, tiga pilihan tanaman ini hanyalah sebagian kecil options for those of you who want o add some greenery to your space. Menurut Patricia, each plant is unique and some people can grow a particular species better than others. Jadi jangan takut untuk explore dan mencari tanaman yang cocok for your home, needs and your personality.

 

Di tahun kemarin salah satu tanaman yang sempat sangat populer adalah Monstera. Salah satu yang kami sangat sukai adalah Split-leaf philodendron/ Swiss Cheese Plant/ Windowleaf atau biasa disebut juga Monstera Deliciosa. Bisa dikatakan sebagai one of the most popular house plant dan sempat disebut juga tanaman ‘kekinian’ karena modelnya yang unik sehingga sangat cocok untuk mempercantik interior rumah. Ada masanya tamanan ini sangat rare dan susah ditemukan karena selalu sold out dan terkadang harus pre-order. Dan pada saat ready, habisnya pun sangat cepat walaupun harganya sudah tidak murah lagi. Selain daunnya yang unik tanaman ini termausk mudah untuk dirawat dan memang sangat cantik untuk house plant karena bisa secara instant merubah tampilan ruangan menjadi terlihat fresh.

 

 

 

Untuk saat ini sudah semakin banyak peminat tanaman dengan masing - masing koleksi idolanya. Misalnya Calathea, Aglaonema dan Anthurium. Akan tetapi jenis Philodendro masih menjadi most wanted karena sangat mudah untuk dirawat. What about you, what is your favorite?

 

  

 

RULE OF THUMB  untuk merawat tanaman by Patricia from Shop With Sky:

1. Jika tanaman mendapatkan cahaya matahari yang banyak, penyiraman juga harus lebih sering.

 

2. Sebaliknya, jika cahaya matahari sedikit, penyiraman yang dilakukan pun juga sedikit.

 

Kebanyakn tanaman mati karena kekurangan cahaya matahari tapi kebanyakan air. Jadi akan lebih baik jika saat membeli tanaman, kita memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan air dan cahaya matahri masing masing tanaman.

 

3. Mencari tempat yang pas untuk meletakkan tanaman di rumah.

 

4. Dalam waktu 1 - 2 minggu sebaiknya tanaman diamati pertumbuhannya. Apakah terjadi perubahan kondisi seperti daun layu, menguning atau rontok.

 

5. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya ubah frekuensi penyiraman atau memindahkan letak tanaman ke area yang lebih terang. 

 

We do hope that this article can be usefull for those of you who wants to adopt a new or add more plant to your space. Kindly remind the simple rule of thumb from Shop With Sky. And if you are wondering about the beautiful images on this article, all credited to Shop With Sky. You can also purchase all of beautiful plants from them @shopwithsky. We are one of their happy customer. Happy gardening

 

 

Love,

 

Nuny Barani