Ways to earn

Signup
1.000 Points
Place an order
1 Point for every Rp100 spent
Celebrate a birthday
1.500 Points
Join now
Already have an account? Sign in
Whatsapp
Chat Us Whatsapp

 By Elsa R. Putri

 

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Akhir pekan biasanya dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Kegiatan tersebut dapat berupa acara berkumpul di rumah, mengunjungi tempat wisata di dalam hingga luar kota. Bandung dan Bogor biasanya menjadi destinasi yang ramai dan padat dikunjungi warga ibukota saat weekend. Namun, jika ingin simple dan tidak perlu bepergian jauh ke luar kota, kamu bisa memilih cafe dengan interior yang unik sebagai destinasi weekend kamu bersama teman atau keluarga. Kali ini #teamkanva ingin memberikan rekomendasi cafe dengan interior yang unik dan yang dapat kamu kunjungi saat weekend nanti. Simak yuk!

 

 1. Giyanti Coffee

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Ini adalah salah satu coffee shop favorite #teamkanva karena tempatnya yang sangat nyaman. Giyanti ini terletak di tengah kota Jakarta yaitu di Menteng, tepatnya di depan pasar antik. Untuk coffee shop yang satu ini, sebaiknya kamu tidak melihat dari tampak luarnya saja, karena tampak dari depan coffee shop ini seperti biasa saja, hanya berupa bangunan lama yang cat dindingnya sudah mulai pudar. Ketika masuk pun, tidak langsung disambut dengan interior cafe pada umumnya, namun harus melewati lorong terlebih dahulu untuk sampai ke coffee shop ini.

 

 

 Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Namun setelah masuk ke dalam, kita disambut oleh ruangannya yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu indoor dan outdoor. Pada bagian indoor, space yang tersedia cukup luas dan banyak pilihan spot, sedangkan pada bagian outdoor hanya satu space di lantai satu. Kedua bagian ruangan tersebut sama-sama nyaman untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama teman kamu. Selain untuk hangout cafe ini juga cocok dan sangat nyaman untuk bekerja maupun mengerjakan tugas akhir.

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Coffee shop ini akan membuat kamu tidak seperti berada di Jakarta, lebih menyerupai coffee shop di Bali atau Yogyakarta. Giyanti Coffee ini didominasi unsur kayu, unsur warna kuning, biru hingga warna pastel seperti turquoise. Untuk dinding pun mereka memainkan warna dengan membuat jungle mural pada satu spot tempat duduk sebagai aksen. Jungle mural tersebut memberikan aksen tropical dan membuat ruangan menjadi fresh karena didominasi warna hijau.

 

 

Source: nibble.id

 

 2. Shophaus Menteng

 

Source: Cosmopolitan.co.id

 

Bukan rahasia lagi kalau tempat ini juga merupakan tempat favorite #teamkanva karena letaknya yang berada di pusat kota Jakarta yaitu di Menteng. Shophaus ini menyedikan konsep one stop yang dimana tempat yang di dalamnya terdapat beberapa cafe atau gerai yang menjual baik makanan maupun jasa/ service seperti salon dan eyelash extention. Jadi jika kamu ingin hangout yang simple dan hemat waktu, Shophaus dapat menjadi destinasi kamu weekend ini karena kamu dapat melakukan perawatan dan minum kopi at the same time.

 

Source: iradiofm.com

 

Cafe di Shophaus ini diantaranya ada Gelato Secrets, Pigeonhole Coffee, Mockingbird, Namelaka, Berrywell dan Piccola. Di Shophaus ini kamu bebas memilih tempat duduk dimana saja (kecuali Mockingbird karena letaknya terpisah di lantai dua). Nah akses untuk menuju ke Mockingbird ini kamu dapat melewati tangga yang unik dan menjadi favorite spot untuk foto.

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Shophaus ini memiliki dua area yaitu semi indoor, karena konsepnya terbuka dan outdoor (smoking area). Interiornya sendiri didominasi warna putih dan coklat. Namun ada beberapa cafe yang memiliki tema  sendiri seperti Gelato Secrets dengan warna pink dan Mockingbird dengan putih dan kuning. Sehingga kamu dapat memilih cafe atau jenis makanan apa yang sedang ingin kamu makan.

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

 3. Ottomans Coffee

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Ottomans Coffee Sopo Del ini terletak di Sopo Del Tower, Jl. Mega Kuningan Barat III Lot 10 dan Cilandak Town Square Mall. Cafe ini memiliki konsep retro dan chic dengan menampilkan warna pink, turquoise dan blue untuk tiga spot nya. Selain warna-warna pastel, Ottomans juga menampilkan material terrazzo yang digunakan sebagai meja dan mengkombinasikannya dengan indoor plants pada beberapa sudutnya.

 

Konsep chic dan retro dari Ottomans Coffee ini merupakan hasil desain dari salah satu Arsitek ternama Indonesia yaitu Alvin T, sehingga tidak perlu diragukan lagi keunikan interiornya. Baik Ottomans Kuningan dan Citos, keduanya sama-sama dikerjakan oleh Alvin T dengan nuansa yang hampir sama serta mengkombinasikan warna-warna pastel dengan furniture minimalist. Alvin T juga merancang cafe ini dengan konsep ingin menghilangkan individualitas dan mendorong interaksi sosial karena tidak ada sekat antara meja satu dengan lainnya.

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Interior Ottomans Kuningan ini dibagi menjadi dua spot, yang pertama, konsep bertingkat berwarna pink pastel yang eye catching. Kemudian spot lainnya adalah meja dan kursi dengan warna turquoise. Kombinasi warna-warna pastel pada furniture sangat unik dan menarik bagi pengunjung.

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Kemudian Ottomans ternyata membuka cabang barunya yaitu di Cilandak Town Square. Di Citos ini konsepnya sedikit berbeda dan lebih kecil dari Ottomans Kuningan. Tidak ada konsep bertingkat seperti Ottomans Kuningan, namun untuk interiornya tetap didominasi warna pastel seperti pink, blue dan turquoise. Kemudian material terrazzo lebih mendominasi di Ottomans Cilandak ini dibandingkan Ottomans Kuningan. Dan ini adalah spot favorite #teamkanva di Ottomans Citos. Kombinasi antara warna pink dan turquoise pada dinding dengan kursi berwarna baby blue dan kaktus di sisi kanan dan kiri, manis ya! Di Ottomans Citos, spot yang ini termasuk salah satu spot wajib untuk mengabadikan moment bagi pengunjung, lho.

 

 4. Paradigma Cafe

 

Source: Travellingyuk.com

 

Paradigma merupakan salah satu cafe yang berlokasi di Cikini, Jakarta Pusat tepatnya di belakang stasiun kereta api Cikini dan berada dalam satu lokasi dengan gedung kantor salah satu partai politik di Indonesia. Paradigma cafe didominasi warna kuning dan putih juga memiliki halaman yang luas dengan rumput sintetis diatasnya, terpasang lampu lampu kecil yang memberikan nuansa yang berbeda saat malam hari.

 

 

Source: Pergikuliner.com

 

Beranjak ke dalam cafe, pengunjung dapat melihat konsep open space dan minimalist. Dindingnya hanya berupa dinding aci dan hanya beberapa sisi dikombinasikan dengan cat tembok berwarna putih. Kursi dan meja di Paradigma cafe ini menggunakan material kayu berwarna coklat sehingga menambah kesan minimalist yang ingin ditonjolkan. Karena mengusung konsep open space, Paradigma menggunakan kaca besar untuk jendela, sehingga pengunjung yang berada di dalam, mendapatkan view langsung ke halaman cafe yang hijau.

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

 

Source: Pergikuliner.com

 

Disini juga terdapat sebuah mini gallery yang menjual barang-barang kesenian keramik seperti piring, cangkir, mangkok dan kerajinan keramik lainnya. Bagi kamu yang pecinta keramik, paradigma ini bisa menjadi salah satu alternative destinasi kamu. Oh iya, antara cafe dan mini gallery ini juga hanya diberikan sekat berupa rak tanaman tanpa tembok pembatas, sehingga ruangan terlihat dan terasa lapang.

 

 5. Onni House

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Kali ini #teamkanva merekomendasikan salah satu cafe yang terletak di Jakarta Barat, Onni house. Onni house ini bukan hanya cafe, namun juga sekaligus florist. Dari pintu masuk pun Onni sudah menunjukkan konsep bunga dan florist. Karena di pintu masuk terdapat satu jendela yang di hias bunga dan terdapat kursi untuk spot foto dan merupakan spot favorite pengunjung untuk mengabadikan moment mereka.

 

Uniknya, Onni house mengusung tematik decorations yang dimana tema tersebut berganti sesuai musim atau event tertentu. Misalnya pada Valentine, spot tersebut biasanya didominasi bunga berwarna pink, kemudian pada saat Natal, didominasi merah dan hijau dan pada saat Halloween didominasi warna orange beserta ornamen lainnya seperti labu. Sangat menarik dan cocok dikunjungi jika kamu ingin suasana baru dan mengabadikan moment bersama keluarga maupun teman kamu.

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

 

Source: Instagram @elsaputrirusdi

 

Ketika masuk ke dalam, kamu akan langsung disambut dengan pernak-pernik cantik yang dijual di Onni house. Pernak-pernik tersebut berupa homegoods, buku, dan hiasan-hiasan lainnya. Semuanya merupakan brand lokal, lho. Di ruangan setelah mini store tersebut terdapat florist yang menjual berbagai jenis bunga yang cantik dan segar. Dan kamu juga dapat berkonsultasi mengenai bunga yang ingin kamu beli dengan staff Onni yang akan membantu kamu dengan ramah.

 

 

Source: Manual.co.id

 

Beranjak lagi ke ruangan selanjutnya baru kamu akan menemukan sofa berwarna pink dengan cushion floralnya untuk pengunjung cafe yang datang untuk hangout. Di belakang sofa tersebut terdapat rak tinggi dengan details bunga dan pernak-pernik yang sudah disusun dengan apik. Selain itu juga terdapat ruangan lain dengan tema yang sedikit berbeda. Ruangan ini didominasi warna hijau dengan lantai menggunakan tegel yang cantik.

 

Nah itu dia rekomendasi cafe yang menurut #teamkanva memiliki interior yang unik dan menarik. Semoga beberapa cafe diatas bisa jadi destinasi weekend kamu minggu ini ya. Ohiya kalau kamu punya rekomendasi cafe yang menurut kamu memiliki interior yang unik dan menarik, kamu bisa share ke direct message kami ya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya! #Teamkanva