Ways to earn

Signup
1.000 Points
Place an order
1 Point for every Rp100 spent
Celebrate a birthday
1.500 Points
Join now
Already have an account? Sign in
Whatsapp
Chat Us Whatsapp

 By: Elsa R. Putri

 

Source: lesconfettis.com

 

Selain exterior, interior rumah menjadi salah satu hal yang penting saat membuat rumah. Desain interior rumah dapat menggambarkan siapa dan seperti apa kepribadian kita. Dalam menentukan interior rumah, banyak hal yang perlu dipertimbangkan misalnya budget, tema yang diinginkan hingga furniture yang akan digunakan.

 

Pemilihan interior rumah sangatlah penting karena jika kurang tepat dalam pemilihan dan hasilnya kurang memuaskan, bisa jadi akan menambah pengeluaran untuk memperbaiki ataupun mengganti interior rumah. Sayang lho, kalau sudah mengeluarkan banyak biaya tetapi ternyata tidak pas atau tidak sesuai

 

Source: contemporist.com

 

Banyak orang yang mendesign interior rumahnya sendiri dengan membeli furniture-furniture yang mudah dipindahkan dan tidak memerlukan perawatan yang sulit. Namun, jika kamu tidak memiliki ide atau referensi dalam menentukan interior rumah, kamu dapat menggunakan jasa interior designer.

Sekarang ini banyak pilihan jasa interior desainer untuk membantu memilih hingga merencanakan interior yang tepat untuk rumah. Segala perencanaannya pun bukan hanya menggunakan feeling dan intuisi, namun mempertimbangkan segala aspek termasuk karakter si pemilik rumah. Pemilihan interior yang tepat akan membuat rumah semakin nyaman dan homey. Nah, Kanva punya tips buat kamu yang ingin dan akan menggunakan jasa interior desainer nih, simak yuk!

 

1. Menentukan Style yang Kamu Inginkan

 

Source: estliving.com

 

Source: diningroomlighting.eu

 

Source: spotools.com

 

Untuk kamu yang bingung dalam memilih jasa interior desainer, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memiliki referensi desain dan menentukan style yang ingin kamu wujudkan. Misalnya menggunakan referensi foto desain interior dari Pinterest, Instagram, majalah, hingga blog home and living. Hal ini disarankan agar tidak terjadi kesalahpahaman saat pemilihan desain interior rumah kamu. Kemudian hal ini juga akan memudahkan desainer untuk mengetahui karakter kamu, sehingga pada saat proses pembuatan desain interior, desainer dengan mudah dapat menyesuaikan dengan karakter dan kepribadian kamu. Karena desain yang sesuai dengan karakter dan kepribadian penghuninya akan membuat rumah semakin nyaman dan homey.

 

2. Mencari Beberapa Interior Desainer untuk Membandingkan

 

Source: spotools.com

 


Source: hugofurnitureplace.com 

 

Langkah selanjutnya adalah mencari beberapa kandidat desainer yang sesuai dengan style kamu. Kamu dapat melihat gaya desain mereka di website maupun social media yang mereka miliki.

 

Setelah membuat list, kemudian kamu dapat mulai menghubungi mereka untuk menanyakan terms and conditions jika ingin memakai jasa mereka. Biasanya merekai sangat terbuka menjawab pertanyaan kamu seputar jasanya. Misalnya mendiskusikan mengenai budget, proyek apa saja yang pernah dikerjakan, desain rumah dengan gaya apa yang paling sering dikerjakan, apa kendala tersulit saat menggarap proyek, bagaimana mereka mengatasi masalah tersebut, dan lain-lain.

 

Setelah semua desainer dalam list dihubungi kamu bisa dapat menentukan desiner yang sesuai dengan budget dan style yang kamu inginkan.

 

3. Pilih Desainer yang Match dengan Interior yang Kamu Inginkan

 

Source: elledecoration.se.

 

  Source: sjoystudios.com

 

Nah setelah itu, pilihlah desainer yang desainnya paling sesuai dengan karakter kamu dan desain interior yang ingin kamu wujudkan, ya. Interior Desainer yang bagus adalah yang mereka dapat menggabungkan antara keinginan kamu dan karakter desainnya. 

 

Source: iseephoto.com

 

Kemudian kamu harus mencari tau reputasi desainer. Hal ini juga merupakan hal yang penting karena dengan reputasi yang baik, karena pada nantinya kamu akan banyak berdiskusi dan bertukar pikiran perihal design yang kamu inginkan.

 

Salah satu caranya adalah kamu bisa mulai dengan mencari tau project apa saja yang pernah dikerjakan hingga testimoni dari clients, ya. Dari sana kamu dapat melihat apakah desainer tersebut sudah memiliki banyak pengalaman atau tidak. Semakin banyak jam terbang desainer, maka desainnya pun akan semakin berkembang dan bagus. Cari tau apakah desainer tersebut pernah mengerjakan project yang sejenis atau menyerupai desain yang ingin kamu wujudkan di rumah kamu sehingga setidaknya kamu memiliki gambaran terhadap desain interior rumah kamu. Bandingkan gambar desainer dengan hasilnya, apakah sesuai ekspektasi atau tidak. Supaya ketika nanti kamu sudah memutuskan, kamu tidak salah pilih dan kecewa dengan hasilnya yang tidak sesuai ekspektasi kamu.

 

 

Setelah kamu cocok dan deal dengan desainer, jangan lupa untuk sign a contract ya. Hal ini juga penting untuk mengetahui apa yang diharapkan satu sama lain dalam proyek kamu. Dan kontrak ini juga untuk menguraikan apa saja yang akan desainer kerjakan untuk anda beserta biayanya.

 

Nah, itu adalah beberapa tips memilih interior desainer versi Kanva. Semoga bisa membantu kamu yang masih bimbang memilih interior desainer. Kamu tertarik menggunakan jasa interior desainer? Share your story with us! #TeamKanva